BERAKHIRNYA ERA BENGKEL RESMI PABRIKAN [PART 1]

      (Photo credit: wartakota)

Assalamu’alaikum Wr.Wb, apakabar temen2 TG? Semoga sehat selalu yaa.. kali ini mau coba ambil topik agak serius dikit hehehe..

Jadi waktu itu ceritanya motor harian dirumah lagi bermasalah di sistem transmisi CVT nya. Maklum motor matic seken hand, ada aja penyakitnya kan. Naaah, berhubung dulu sering banget ke bengkel resmi untuk servis berkala, maka ogut memutuskan untuk mampir ke bengkel resmi langganan di bilangan jl. Raya bogor.

Sesampainya disana, agak kaget kok bengkelnya sepi. Padahal dulu circa 2004 jaman SMA pegang tiger, itu bengkel kalo mau servis antri kapan pun dan hari apapun. Antriannya tsadeeeest kalo jaman dulu, gak bisa ngobrol santai sama mekaniknya. Mekanik pun dituntut kerja cepat supaya antrian selanjutnya kepegang.

Tapi sekarang? Boro-boro rame, itu bengkel disamperin siang sebelum makan siang kosong melompong. Cuma ada 1 – 2 customer yang nunggu motornya diservis. Mekanik2nya sebagian duduk di bangku ruang tunggu, sebagian ngelamun, sebagian nonton tv. So whats wrong with this??

Ternyata jawabnya ada pada berubahnya teknologi dari kendaraan bermotor itu sendiri. Seiring berkembangnya teknologi, maka pabrikan mulai merubah sistem pengabutan bahan bakar dari sistem karburasi (karburator) ke sistem injeksi elektronik. Nah pertanyaannya apa hubungan motor injeksi sama bengkel resmi yang sepi? Soal ini silakan kebet buku servis, untuk motor H interval servisnya per 4000 km. dimana jika mencapai 8000km maka wajib ganti filter udara, sekalian sama busi kalo perlu. Gak perlu ada semprot-semprot filter udara lagi, gak perlu acara bongkar2 karburator.
Untuk keperluan seperti itu, gak butuh mekanik jagoan. Cukup modal punya obeng dan kunci busi. Kita bisa tune up sendiri. Tentunya ditambah beli injector cleaner ya untuk bersihkan injector systemnya. Setel klep? Motor dengan roller rocker arm nyaris gak perlu diutak-atik, cukup lakukan itu di servis pertama atau kedua kalau memang kurang sreg. Sisanya silakan lakukan sendiri, effortless dan tentunya biaya servis kita jauh lebih terjangkau.

Habit baru inilah yang membuat semua orang bisa tune up motornya sendiri dan perlahan meninggalkan bengkel resmi. Paling yang perlu banget ke beres itu pemilik motor fairing dan sport karena bongkar2nya ribet. Kalo matic, yaa simple. Hal inilah yang ditenggarai sebagai salah satu penyebab dari sepinya bengkel resmi belakangan ini.

Oiya, setelah ke beres untuk tanya2 spare part akhirnya ogut lari ke bengkel umum sambil bandingin harga dan ternyata lebih murah jadi bongkarnya justru di bengkel umum hahaha..

next kita lanjut ke part 2 yah.

Sekian dan terima kasih,
Regards,

Tukang_gorengan77

No comments:

Post a Comment